NEWS
DETAILS
Rabu, 28 Jun 2023 10:57 - Honda Bikers Pekanbaru

Bro'sis, menikung memang terlihat mudah, tapi bila kita tidak memahami teknik dasarnya akan berpoten

Salah satu teknik menikung yang bisa diaplikasikan ketika berkendara di jalan raya adalah teknik Lean With the Bike. Nah, bagaimana sih tahapannya? berikut tahapannya yang berhasil mimin rangkum dari Novara Dita, salah satu Instruktur Safety Riding Honda dari PT. Capella Dinamik Nusantara..

1. Turunkan kecepatan sebelum memasuki tikungan, dengan mengurangi bukaan gas atau menggunakan rem depan dan belakang secara bersamaan. 

2. Pandangan melihat arah yang dituju. Pandangan adalah pusat keseimbangan sekaligus pengendara bisa melihat dan mengantisipasi potensi bahaya yang ada di depan.

3. Kontrol kecepatan, jangan mengubah kecepatan secara ekstrim karena berpotensi menggangu keseimbangan.

4. Kontrol tekanan rem belakang, hindari menekan tuas rem terlalu kuat untuk mengurangi potensi terjadinya perlambatan ekstrim. Disarankan untuk menggunakan rem belakang untuk mencegah terganggunya daya cengkram roda depan yang berpotensi menggangu keseimbangan sepeda motor.

5. Tambah kecepatan, buka gas secara perlahan saat akan keluar tikungan untuk mendorong motor kembali ke posisi tegak.

Selain 5 poin di atas, pengendara juga perlu melihat beberapa hal lain sebelum menikung seperti kondisi ban, kondisi jalan (berpasir, tanah, basah, dll), sistem pengereman, kualitas jalan (aspal, beton), kondisi lingkungan (dataran rendah, dataran tinggi). Untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan menikung dijalan, Bro'sis bisa mengikuti pelatihan pelatihan safety riding di AHM Safety Riding Park, Safety Riding Center Honda dan mengikuti pelatihan safety riding dari instruktur Honda yang ada di main dealer Honda.

Ingat.. kemanapun tujuan berkendara, selalu #Cari_Aman agar perjalanan aman dan selamat.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK