NEWS
DETAILS
Rabu, 28 Oct 2020 17:09 - Honda Bikers Pekanbaru

Pekanbaru - Tepat pada peringatan Hari Sumpah Pemuda PT Astra Honda Motor (AHM) bersama PT Capella Dinamik Nusantara (CDN) main dealer sepeda motor Honda wilayah Riau menggelar web seminar (Webinar) keselamatan berkendara #Cari_Aman untuk pemuda pemudi pelajar SMK Negeri 1 Tambusai Pekanbaru.

Kegiatan bertajuk 'Pemuda Indonesia Siap #Cari_Aman' yang berlangsung Rabu 28 Oktober 2020 ini, diikuti 70 siswa-siswi dan sebagai bentuk konsistensi Capella Honda Riau mengedukasi masyarakat dari berbagai kalangan terutama pemuda pemudi penerus bangsa, untuk aware terhadap resiko yang tinggi pada saat berkendara.

Jonny Winata, Sales Manager PT CDN Riau mengatakan, kegiatan yang rutin kita gelar ini merupakan wujud dari komitmen dalam mengedukasi masyarakat tentang ilmu keselamatan berkendara.

"Kami juga mengucapkan terima kasih atas semangat dan antusias para siswa-siswi SMKN 1 Tambusai yang telah bergabung dalam Webinar safety riding ini," kata Jonny.

Sementara itu, Wakil Kepesek Bidang Kurikulum SMK Negeri 1 Tambusai, Uritna Sukma Nurhurip menyampaikan, pihaknya mendukung program safety riding yang ditaja AHM CDN Riau.

"Karena edukasi yang diberikan kelak menjadi bekal siswa dalam berkendara. Harapan kami semoga seluruh peserta yang mengikuti edukasi ini dapat menyerap ilmu yang diberikan dan menjadi bagian pelopor keselamatan berkendara," terangnya.

Terpisah, Instruktur Safety Riding Capella Honda Riau, Steven Vhs menjelaskan, penyebab kecelakaan tertinggi merupakan faktor manusia dengan angka 61 persen, lalu 30 persennya faktor lingkungan.

"Sedangkan 3 persen lagi, disebabkan faktor kendaraan. Kondisi hujan juga termasuk dari faktor penyebab kecelakaan yang disebabkan oleh lingkungan," paparnya dalam webinar tersebut.

Pada saat kita berkendara di kondisi hujan ada beberapa kondisi yang harus di antisipasi diantaranya aqua planning, water hammer, hipotermia, dan dehidrasi. Aqua planning adalah kondisi dimana ban sepeda motor tidak menapak sempurna dengan aspal diakibatkan oleh permukaan air yang tidak teralirkan secara sempurna oleh ban.

"Hindarilah genangan air saat kita berkendara. Jika tidak memungkinkan dihindari, gunakan kecepatan rendah dan gunakan rem kombinasi pada saat mengerem dengan komposisi rem belakang lebih banyak. Tetap tenang dan jangan panik," pungkasnya.

RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK