NEWS
DETAILS
Senin, 25 Mar 2024 14:20 - Honda Bikers Pekanbaru

Seperti kita ketahui sepeda motor listrik memiliki suara lebih halus dibandingkan dengan kendaraan pada umumnya sehingga berpotensi tidak mudah teridentifikasi oleh pengendara lain. hal ini tentunya mengendarai sepeda motor listrik/ EV memiliki teknik berkendara yang berbeda. Apakah ada teknik khusus dalam mengendarai sepeda motor listrik/ EV ? mari simak penjelasan berikut ini :

  1. EV memiliki fitur tambahan yang berbeda dengan motor bakar. Penting untuk memahami fitur pada motor EV dengan mempelajari buku pengguna.
  2. Sebelum berkendara periksa kondisi baterai dan sesuaikan dengan jarak yang akan ditempuh.
  3. Saat motor EV dalam posisi menyala tidak ada suara atau getaran, untuk itu perhatikan indicator ON atau motor EV sebelum membuka gas. Untuk menghindari motor lepas kendali saat menarik putaran gas
  4. Saat akan mendahului, pastikan ruang yang tersedia dan  kecepatan yang cukup untuk di dahului oleh EV. Batas kecepatan maksimal EV dalam range 45 – 80 km/jam dan akselerasi kecepatan EV lebih lambat dibanding motor bakar sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk menambah kecepatan.
  5. Saat akan melewati jalan tanjakan diperlukan momentum yang cukup. Untuk mendapatkan momentum yang cukup dapat dilakukan dengan cara menambah kecepatan sebelum masuk jalan tanjakan.

Motor EV memiki karateristik yang berbeda dengan motor bakar. Sebelum berkendara dijalan umun disarankan untuk mengikuti pelatihan berkendara EV terlebih dahulu. Pelatihan dapat di ikuti di  safety riding center dan AHM Safety Riding Park.

 

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK